Begini Cara Melihat IMEI HP Anda, Apakah Sudah Terdaftar Atau Belum - Nexbie

Begini Cara Melihat IMEI HP Anda, Apakah Sudah Terdaftar Atau Belum


Nexbie.com -  Pemerintah lewat Kominfo hendak memberlakukan pemblokiran. International Mobile Equipment Identity( IMEI) efisien 18 April 2020.
Ketentuan menimpa IMEI disahkan pada 18 Oktober kemudian oleh 3 departemen, ialah Kominfo, Departemen Perindustrian serta Departemen Perdagangan. Pemerintah telah mempunyai sistem Sibina, yang terletak di dasar Kemenperin, buat mengenali IMEI ponsel yang tersebar terdaftar ataupun tidak di Indonesia.

Ketentuan ini berperan buat memerangi ponsel ilegal ataupun blackmarket, yang dijual dengan harga lebih murah sebab tidak terserang pajak.

Tidak hanya memulihkan kemampuan pajak dari ponsel, ketentuan IMEI pula buat melindungi warga dari produk ilegal ataupun teknologi yang kandas.

Departemen lagi mensosialisasikan ketentuan ini kepada warga serta dalam ulasan dengan operator seluler ataupun departemen menimpa hak- hak konsumen terpaut ketentuan IMEI. Demikian semacam dilansir dari halaman formal Kominfo.

Fitur hp dengan IMEI luar negara, tidak hendak serta- merta diblokir( blacklist) ataupun tidak bisa digunakan di Indonesia. Supaya tidak di- blacklist, owner yang membeli fitur di luar Indonesia diwajibkan mendaftarkan fitur IMEI dan membayarkan pajak fitur kepada pemerintah Indonesia.

Blacklist ialah catatan fitur dengan IMEI ilegal yang secara langsung hendak diblokir dikala teridentifikasi oleh sistem SIBINA, sehingga tidak bisa tersambung dengan layanan operator seluler. Sebaliknya buat mengenali whitelist, konsumen diwajibkan menguji fitur saat sebelum membeli. Menteri Kominfo menegaskan, teknis identifikasi ini domainnya Kemenperin dan operator.

“ Itu metode gimana mengenali apakah hp itu memiliki IMEI yang sah ataupun ilegal. Metode blacklist berbeda dengan metode whitelist. Namun dua- duanya bertujuan buat menghindari. Jika blacklist begitu dikenal perangkatnya ilegal hingga langsung dinyatakan diblokir. Sebaliknya whitelist gimana menguji dahulu saat sebelum beli,” papar Menteri Komunikasi serta Informatika Johnny Gram. Plate.

Buat pemasangan serta pengujian no IMEI, Menteri Johnny menyebut, nantinya perlengkapan tersebut hendak dipasang di Departemen Perindustrian serta tempat operator.

Jadi, saat sebelum ponsel Kamu terblokir sebab tercatat bagaikan IMEI ilegal, berikut metode yang dapat dicoba buat mengeceknya:

1. Awal, Kamu wajib mengenali no IMEI ponsel. Triknya, dapat langsung dari ponsel dengan     mengetik *#06#

2. Ataupun metode kedua dapat masuk ke menu setting Settings - About Phone - Status -
IMEI Information.

3. No IMEI pula dapat ditemui di bagian balik ponsel ataupun dekat baterai smartphone, ataupun di kardus ponsel Kamu.

4. Setelah itu membuka web formal di Kemenperin.go.id dengan membuka link ini CEK IMEI.

Berikutnya, kalian lumayan memasukkan no IMEI ponsel kalian serta nanti hendak nampak apakah IMEI kalian terdaftar secara formal ataupun tidak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel